Kenapa Kita Diwajibkan Puasa

Jawabnya simpel. Karna Allah sayang sama kita.

Sejarah puasa
Kira-kira setelah Allah ciptakan surga dan neraka, Allah ciptakan akal.

Kemudian kepada si akal, Allah memberikan perintah-perintah yang dengan segera ditaatinya (dilaksanakan) dengan benar. Jadi semisal perintahnya adalah “hadap kanan”, maka dia akan langsung hadap kanan, dsb. Kemudian Allah bertanya, “Siapa Aku, dan siapa kamu?”. Akal menjawab, “Engkau Tuhanku, dan aku hamba-Mu”.

Setelah penciptaan akal, kemudian Allah menciptakan nafsu. Sama halnya dengan akal, nafsu pun diberi perintah-perintah. Tapi apa yang terjadi? Semua perintah tersebut dilakukan secara kebalikannya atau tak ada hubungannya. Jadi semisal perintah tersebut adalah “hadap kanan”, maka si nafsu malah hadap kiri atau balik kanan, dll. Kemudian Allah bertanya, “Siapa Aku, dan siapa kamu?”. Nafsu menjawab, “Aku ya aku, kamu ya kamu”. Sangar! Akibat jawaban ini, nafsu dimasukkan ke neraka selama 200 tahun.

Setelah dikeluarkan, kemudian Allah bertanya lagi, “Siapa Aku, dan siapa kamu?”. Jawaban yang sama keluar, maka sekali lagi dia dimasukkan ke neraka selama 200 tahun. Setelah dikeluarkan, kemudian Allah bertanya lagi dengan pertanyaan serupa, dan mendapatkan jawaban yang sama pula. Maka sekali lagi dia dimasukkan ke dalam neraka. Tapi kali ini nerakanya adalah neraka lapar. Kira-kira 100 tahun dalam neraka lapar, nafsu rupanya sudah tidak kuat. Diapun berteriak-teriak, “Laparr.. laparrr.. Ampunnn”. Maka dengan rahmat-Nya, dia dikeluarkan. Kemudian Allah bertanya lagi, “Siapa Aku, dan siapa kamu?”. Kali ini dia menjawab dengan benar, “Anta Robbii, wa ana ‘abduka (Engkau Tuhanku, dan aku hamba-Mu)”.

Kemudian setelah itu, Allah memasukkan keduanya ke dalam diri Adam. Oleh karna itu, orang yang lebih memakai akalnya, akan lebih patuh pada perintah Tuhannya.

Ya Robbii, mudah-mudahan Engkau jadikan kami adalah orang-orang yang lebih mengutamakan akal kami daripada nafsu kami, amin…

Leave a Reply

