Pribadi yg “mau di-ingetke”

simple naration :

Suatu ketika Sayyidina Umar bin Khaththab sedang berjalan. Kemudian melalui sebuah jendela, dia melihat ada orang sedang minum (diduga minuman keras). Seketika itu Umar RA langsung menerobos masuk, lalu memegang orang tersebut sambil mengatakan, “HARAM!”.

Orang tersebut membalas, “aku melakukan 1 hal (haram), sedangkan kau melakukan 3 hal. Pertama kau melihat ke dalam rumah, kedua kau menerobos masuk (tanpa ijin) dan ketiga kau membuat dugaan (berasumsi). Bagaimana kau tau aku minum alkohol?”.

Umar RA lalu berkata, “kau benar”. Kemudian berlalu tanpa mengatakan apa-apa lagi.

Beberapa minggu kemudian Umar RA memberikan Khutbah, dan orang tersebut hadir. Setelah khutbah selesai, Umar RA mendekatinya, lalu mengatakan, “ketahuilah semenjak hari itu, aku sudah tidak pernah lagi melihat ke dalam rumah orang, dan aku juga tidak menceritakan tentangmu kepada siapapun”. Orang tersebut menyahut, “ketahuilah, semenjak hari itu, aku berhenti minum minuman keras”.

Tagged , , ,

Leave a Reply

