Nahwu ~ Arabic Grammar ~ Tata Bahasa Arab ~ Bayyinah.tv

MasyaaAllaah! Alhamdulillaah..

Unit 1/15 telah selesai dalam waktu kurang lebih sebulan (sudah termasuk males-malesannya). Telah mencakup Dasar Ism, Harf dan Fi’l. Kata Ustadh Nouman (kurang lebih), “Segala sesuatu itu harus dimulai dengan yang mudah/ringan (ini sunnah), kecuali belajar bahasa arab. Harus dimulai dari yang paling susah/berat. Dan itulah Ism. Setelah itu, semuanya terasa easy-peasy (sangat mudah)”.

Tapi memang setelah Ism selesai, menginjak ke Fi’l terasa ringan. Mungkin juga karna Ust. Nouman (dan gurunya) adalah orang-orang jenius. Karna aku pernah dengar, orang pintar itu menerangkan sesuatu yang rumit dengan bahasa yang rumit, namun orang jenius menerangkan sesuatu yang rumit dengan bahasa yang sederhana😀 MasyaaAllaah, Alhamdulillaah.

Beberapa hari yang lalu aku mencoba googling dengan kata kunci seputar nahwu. Nahwu, nahwu shorof, dll. Tapi sekilas, dua kilas, berkilas2, dan hasilnya…. MUMET! Dan yang bilang begini ga cuma aku tok. Banyak testimoni yang dikumpulkan oleh team Bayyinah, ataupun komentar-komentar yang ada di beberapa video pembelajaran, yang mengatakan bahwa metode pembelajaran seperti ini belum pernah mereka temui. Dan terbukti mudah. SANGAT MUDAH!

Dan bahasa arab yang mereka ajarkan, bukan bahasa arab sembarangan. Ini bahasa Arabnya Al-Quran BRO! BAHASA ARAB-NYA AL-QURAN!!!

Sekilas tentang Al-Qur’an dan mengapa :
Tubuh kita terdiri dari 2 bagian, yaitu jasmani dan rohani.
Jasmani berasal dari bumi/tanah dan rohani/ruh berasal dari langit. Tiap bagian ini butuh makanan. Makanan untuk jasmani yaitu apa-apa yang ada di bumi (tempe, mendoan, mie ayam, dll). Sedangkan makanan untuk rohani ya apa-apa yang dari langit. Taukah kalian apa yang dari langit? BETUL SEKALI BRO! AL-QURAN!!!
Tahukah kalian ibadah apa yang berhubungan langsung dengan Al-Quran? Shalat tentu saja! Dan kalian mestinya tahu bahwa semua perintah dari Allaah diturunkan lewat wahyu (lewat Jibril AS), mulai dari syahadat, puasa, zakat, haji, dll. Namun untuk perintah shalat, Allah memanggil Nabi SAW untuk menerimanya secara langsung (Isra Mi’raj). Dimana Beliau SAW menerimanya? LANGIT BRO!😀 Semuanya berhubungan. MasyaaAllaah!

Ustadh Nouman juga mengatakan kurang lebih bahwa setelah selesai belajar ini (selesai Unit 15/15), kalian semua insyaaAllaah bakal bisa berbicara bahasa Arab. Jadi, Arab-nya Quran dapet, Arab-nya Obrolan juga dapet. MasyaaAllaah!

Aku optimis, kalo rasa malesku ini stabil, insyaaAllaah kurang dari setahun aku dah selesai 15/15. InsyaaAllaah.

Bagi yang tertarik belajar, bisa ke : bayyinah.tv.

Hanya sekitar $110, kita bisa meng-akses ke ratusan video yang ada di bayyinah.tv selama setahun. MasyaaAllaah. MURAH!

Atau kalian bisa mencobanya secara gratis, dan lihat apakah benar-benar mudah. Bisa lewat : arabic.bayyinah.com/free-arabic-with-husna

Video yang ada disana, ga cuma kursus bahasa Arab. Namun ada juga :

  • Kursus membaca Huruf Arab, 10 days reading challange (aku masih merekomendasikan Qiraati untuk yang punya akses kesitu),
  • Tema-tema tertentu dari al-Quran (parenting, hijab, dll),
  • Tafsir ringan kata-perkata (hampir keseluruhan Al-Qur’an),
  • Tafsir secara mendalam (Baru surat Nuh dan sebagian surat al-Kahfi),
  • Sejarah oleh Ust. Omar Suleiman (Ummahatul Mu’miniin, 5 Abaadillaah, Kisah 4 imam madhab, Kisah Imam Al-Bukhari, Kisah Abu Hurairah, dll)
  • Divine Speech (bukti-bukti yang menyatakan bahwa memang Al-Quran tidak mungkin buatan manusia)
  • Tur-tur dimana Ust. Nouman diundang (Gulf tour, etc)
  • Quran untuk para remaja (young adult), dll, dll, dll…. MasyaaAllaah!

Sample video dapat dilihat di bayyinah.tv.

Gak percuma.. InsyaaAllaah ga percuma.

Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s