Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an ~ Betengan Demak

Bustanu Usysyaqil Quran

Halaman Utama Bustanu Usysyaqil Quran

Beberapa hari yg lalu dapet kesempatan untuk main ke Demak. Tepatnya di Pondok Pesantren Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an.

Denger nama pondoknya pertama kali biasa aja. Malah terkesan aneh karna susah untuk dilafalkan apalagi untuk nempel diotak. Tapi setelah tau artinya, MasyaaAllaah! Artinya adalah Tamannya Para Perindu Al-Qur’an. Agak merinding pas pertama kali denger karna klop dengan suasana hati yang juga sedang merindukan sesuatu. Subhaanallaah!

Kebetulan hari itu adalah Jum’at. Jadi begitu sampe, langsung siap-siap jum’atan. Letak masjid memang agak jauh dari tempat menginap, namun ada jalan tembus kecil mirip lorong (lengkong) lewat tengah pondok. Memungkinkan kita untuk “mengintip” keadaan pondok dan santrinya. Di beberapa tempat di kanan-kiri sepanjang lengkong tersebut adalah kelas-kelas dan kamar-kamar santri. Mungkin karna siang dan akhir pekan panjang (hari jum’at adalah libur nasional – makasih koreksinya), jadi agak sepi.

Diujung lengkong yang berkelok, terdapat sebuah lapangan kecil yang rupanya halaman utama pondok (gambar paling atas). Walaupun suasana terlihat sepi, di beberapa tempat di pinggir lapangan masih terlihat beberapa santri membaca qur’an. Aku yang tidak pernah merasakan suasana pondok sebelumnya, merasa asing. Namun rasa asing yang menggembirakan. Ntah apa namanya.

Malamnya saat pulang dari shalat ‘Isya, dengan melewati lengkong yang sama, terdengar suara mirip lebah yang buanyak. Suara dengungan yang saling menyahut. Seketika aku teringat sebuah hadith tentang keadaan kota Madinah (kalo ga salah) ketika malam tiba. Dengungan seperti ini terdengar di setiap titik kota Madinah kala itu. Dengungan orang-orang yang mengingat Allaah dengan tasbih, tahmid dan Qur’an.

Adem rasanya.

Hari terakhir dikasi kesempatan juga buat ziarah makamnya Pendiri Pondok dan juga makamnya Kanjeng Sunan Kalijogo😀 Cuma berjarak beberapa ratus meter dari pondokan.

Makam Sunan KaliJogo

Makam Sunan KaliJogo

Makam Pendiri Pondok

Makam Pendiri Pondok dan Keluarga

One thought on “Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an ~ Betengan Demak

  1. hehe says:

    libur nasionalnya Jum’at..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s