RA. Kartini dan Al Faatihah

Saat berada di Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an, salah seorang penceramah yang hadir dan sempat mengisi adalah KH.Bukhori Masruri. Bagi yang belum kenal, beliau ini adalah penulis lagu yang sangat terkenal (dahulu). Antara lain : Perdamaian, Dunia Dalam Berita, Damailah Palestina, Tahun 2000, Merdeka Membangun, Mesjid Tua, Wartawan Ratu Dunia, Lingkungan Hidup dan masih banyak lagi.

Salah satu yang beliau ceritakan dalam ceramah beliau adalah RA. Kartini. Beginilah ceritanya kurang lebih (mohon maap kali ada yang lebih/kurang) :

Belanda masih menguasai Indonesia saat itu. Dan pemerintah Belanda melarang diadakannya penerjemahan Al-Qur’an kedalam bahasa jawa. Namun tidak melarang pengajian-pengajian.

Saat berkunjung ke tempat Pamannya di kadipaten Demak (RA. Kartini dr Jepara), Disitu sedang diadakan pengajian tafsir Suuratul Faatihah oleh Kyai Sholeh Darat (dari Semarang).

Kartini yang hanya hafal tanpa memahami arti Faatihah itu begitu terpukau oleh ceramah Kyai Sholeh Darat. Sehingga setelah pengajian selesai, Kartini merengek kepada Pamannya untuk bisa menemui dan berbicara dengan Sang Kyai. Dan Pamannya pun mengijinkan.

Setelah bertemu, Kartini pun mengatakan kepada Kyai Sholeh Darat bahwa Al-Qur’an yang begitu indah harus diterjemahkan agar masyarakat tidak lagi buta. Dan Sang Kyai pun setuju.
Namun masih ada satu lagi kendala, yaitu Belanda. Belanda melarang itu semua.

Tak hilang akal, untuk mengelabuhi Belanda, Kyai Sholeh Darat pun menuliskan terjemahannya dalam sebuah tulisan yang terkenal dengan nama Bahasa Arab Pego. Yaitu tulisan arab, namun jika dibaca akan menghasilkan Bahasa Jawa.

Contoh Arab Pego.

Saat RA. Kartini menikah, Terjemahan yang masih separo jadi ini (13juz), dijadikan kado oleh Kyai Sholeh Darat, dan beliau meninggal tak lama setelah itu. Sehingga terjemahan versi beliau tak pernah lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s